Tip Umkm Maksimalkan Komunikasi Demi Sukses Bisnis

Cobalah untuk mengelompokkan beberapa kompetitor ke dalam 3 kategori kompetitor, yakni kompetitor utama, sekunder, dan tersier. Secara sederhana, kompetitor utama adalaha mereka yang punya goal pasar atau produk yang serupa dengan yang Anda rencanakan. Sementara kompetitor sekunder adalah bisnis yang punya produk sama namun target pasar yang berbeda. Untuk kompetitor tersier adalah mereka tidak secara langsung berkompetisi dengan produk atau jasa yang akan Anda rintis, namun memiliki produk yang masih berhubungan langsung dengan produk Anda.

Sasaran akhir dari tujuan komunikasi bisnis yang satu ini tetap berada pada peningkatan angka penjualan, tetapi metode yang digunakan bukan secara langsung menyasar konsumen akhir. Sebaliknya, pelaku usaha dapat mengajak pelaku usaha lain untuk melakukan kerja sama atau kolaborasi dalam meningkatkan nilai jual produk maupun jasa yang ditawarkan. Sekali lagi, dalam tujuan komunikasi bisnis yang satu ini, pelaku usaha dituntut untuk memiliki pemahaman mendalam terkait produk maupun jasa yang dimilikinya. Bagaimana mungkin aktivitas pemasaran bisa dikemas dengan semenarik mungkin jika pelaku usaha yang menjalankan aktivitas tersebut bahkan tidak mengetahui produk atau jasa yang dipasarkannya.

Dengan melakukan komunikasi pada saat menjalankan bisnis maka akan berguna untuk membahas kemajuan bisnis yang dijalankan. Hal ini juga mampu memberikan adanya solusi jika bisnis yang dijalankan menemui masalah atau pun membahas terkait rencana-rencana yang akan dilakukan untuk bisnis kedepannya. Sehingga proses bisnis yang dijalani akan lebih meningkat, dan dapat dikembangkan secara lebih efisien.

Semakin efektif komunikasi bisnis yang Anda lakukan, semakin terbuka pula peluang keberhasilan atau membangun hubungan bisnis dengan entitas lain atau mitra baru. Komunikasi bisnis berpengaruh pada sistem, proses, efisiensi, dan setiap lapisan perusahaan atau organisasi. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari komunikasi manajerial sampai dengan komunikasi teknis, misalnya komunikasi dengan vendor. Komunikasi dengan orang-orang yang berada di luar organisasi dikenal sebagai komunikasi bisnis eksternal.

Belakangan ini, komunikasi bisnis berkembang pesat dengan adanya web danmedia sosial. Ajaib.co.id – Komunikasi bisnis adalah istilah yang kerap kita dengar dalam dunia perekonomian. Namun, tak banyak yang memahami benar pengertian komunikasi bisnis dan manfaatnya dalam dunia bisnis dan keuangan. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan aplikasi ilmu komunikasi spesifik demitujuan bisnis.

Bisnis KOmunikasi

Bisa dikatakan komunikasi jenis ini sangat penting untuk perusahaan karena dapat menentukan kelancaran suatu bisnis berjalan. Komunikasi bisnis adalah sebuah tindakan dimana terjadi pertukaran pendapat, informasi, instruksi dll yang dapat disampaikan dengan berbagai cara pula. Pada umumnya, komunikasi dilakukan untuk tujuan tertentu baik yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis.

Horizontal Communication, merupakan komunikasi yang terjadi antara bagian-bagian yang memiliki posisi sejajar/sederajat dalam suatu organisasi atau bisnis. Tujuan komunikasi horizontal adalah untuk melakukan persuasi, mempengaruhi, dan memberi informasi kepada bagian atau departemen yang memiliki kedudukan sejajar. Komunikasi horizontal bersifat koordinatif diantara mereka yang memiliki posisi sederajat, baik di dalam satu departemen maupun di antara beberapa departemen. Komunikasi dari bawah keatas, merupakan komunikasi antara bawaha menuju ke atas .

Komunikasi jaringan rantai terjadi menurut saluran hierarki organisasi dan jaringan komando. Jadi, dari satu titik ke titik lainnya mengikuti satu perintah atau satu arahan dari atasan. Contohnya seperti di perusahaan manufaktur yang pekerjaannya dilakukan secara estafet bergantian sesuai bagiannya. Komunikasi nonformal merupakan gabungan komunikasi formal dan casual, yaitu komunikasi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas namun sifatnya lebih pribadi. Contoh lainnya yakni pembahasan mengenai rumor atau desas-desus terkait perusahaan.

Tanpa adanya media yang tepat, komunikasi bisnis tidak dapat dilakukan karena pertukaran informasi yang diharapkan menjadi tak dapat lagi dilakukan. Buku ini juga dilengkapi panduan praktis penulisan korespondensi yang mendukung komunikasi dalam dunia bisnis. Panduan ini diharapkan mempermudah pemahaman mahasiswa dalam menerapkan bentuk komunikasi verbal maupun nonverbal apabila terjun dalam dunia bisnis.

Lingkungan yang mengganggu jelas merupakan kendala dalam komunikasi, sehingga pesan yang disampaikan tidak dapat diterima / didengar secara optimum. Seperti Suara penyaji yang tidak cukup terdengar oleh Audience, Suara keras dari luar ruangan, , Bunyi handphone dari kantong viewers, Interupsi, Sesi bicara yang menegangkan, dsb. Oleh karena itu, perlunya pemilihan tempat yang tepat serta upaya agar audience fokus dengan pesan yang disampaikan. Spanduk, yang biasa dipergunakan untuk menyampaikan informasi kepada orang banyak. Penuh perhatian, selain memiliki kemampuan dalam berbicara setiap individu dituntut pula memiliki keahlian dalam mendengar atau menyimak.