Pentingnya Menjaga Pola Hidup Sehat Selama Masa Pandemi

Dalam kondisi sekarang ini terlebih karena adanya pandemi Corona sedangkan kita berkewajiban untuk melaksanakan puasa Ramadan membuat kita harus menjaga kesehatan terutama sistem imun tubuh. Nah, lalu bagaimana cara kita untuk menjaga sistem imun tubuh agar tetap sehat? Menjaga nutrisi makanan memadai untuk tubuh agar tetap sehat dan berfungsi optimum sangatlah penting. Asupan gizi yang best adalah four sehat 5 sempurna, dengan takaran diseimbangkan dengan kondisi. IlustrasiKENDARIPOS.CO.ID — Situasi saat ini menuntut supaya menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. Sebab, daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu benteng menghadapi corona virus disease (Covid-19).

Seseorang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda karena beberapa faktor, seperti jenis kelamin, usia, dan aktivitas yang sering dilakukan. Konsultasikan dengan dokter Anda, vitamin dan suplemen apa yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Cara menjaga daya tahan tubuh berikutnya adalah dengan berolahraga rutin. Olahraga baik untuk melepas stres sekaligus melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Dengan mengikuti jadwal dan menyusun prioritas, Anda juga bisa memberikan jeda bagi tubuh untuk beristirahat, agar tidak kelelahan karena serangkaian aktivitas yang dilakukan sambil berpuasa. Tidak ada yang melarang untuk melepaskan dahaga haus dengan minuman Slot Online Terpercaya manis yang dingin itu, tapi kalau bisa, dahulukanlah air putih. Selain itu, makanan mengandung pati pun dapat membantu kita merasa lebih kenyang serta juga baik untuk pencernaan. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi saat sahur.

Oleh karena itu, pastikan jam tidur selama berpuasa tetap tercukupi yakni sekitar 8-9 jam sehari. Di tengah kekhawatiran tentang virus corona yang semakin merebak, masyarakat diminta untuk terus menjaga kesehatan dan kebersihan. Tubuh manusia memerlukan sinar matahari untuk membantu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Sinar matahari ini menjadi sumber utama vitamin D alami, sementara hanya sedikit sekali yang berasal dari makanan. Selain merusak paru-paru, merokok juga mengacaukan sistem kekebalan tubuh dan membuatmu lebih rentan terserang flu dan infeksi virus lainnya. Lakukan beberapa cara berikut agar daya tahan tubuh kamu semakin kuat menahan paparan virus corona.

Kesehatan tubuh kita selama pandemi

Dengan menjaga kesehatan jantung maka diharapkan semakin sedikit korban yang jatuh sebab penyakit yang menyerang jantung. Menjaga kesehatan jantung memang sangat penting bagi manusia demi mendapat umur yang panjang. Dan ternyata untuk memperoleh jantung yang sehat tidak memerlukan usaha yang terlalu sulit dan bisa dilakukan sehari-hari. Dengan menjaga kesehatan jantung diharapkan semakin sedikit korban yang jatuh akibat penyakit yang menyerang jantung. “Salah satu upaya untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap produktif dan sehat adalah dengan mengonsumsi multivitamin, baik dengan cara ditelan juga dengan cara disuntik.

Menjaga kesehatan di tengah pandemi saat ini sangat penting lho, Bunda. Karena dengan begitu, daya tahan dapat bekerja dengan efektif untuk melawan berbagai virus dan penyakit yang mengancam. Aneka ragam makanan dalam gizi seimbang digambarkan secara jelas pada tumpeng gizi seimbang. Tumpeng gizi seimbang terdiri dari beberapa potongan tumpeng, yaitu satu potongan besar, dua potongan sedang, dua potongan kecil dan di puncak terdapat potongan terkecil. Luasnya potongan tumpeng menunjukkan porsi makanan yang harus dikonsumsi setiap orang per hari.

Widya menambahkan kelebihan kalori di badan juga dapat meningkatkan resiko terkena Covid-19. Terdapat beberapa penelitian yang menyataan bahwa kondisi- kondisi atau penyakit yang berkaitan dengan obesitas seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan hipertensi dapat memperparah efek Covid-19. Dalam masa pandemi ini, terutama saat bekerja dari rumah , biasanya untuk mengurangi rasa bosan, orang-orang lebih cenderung untuk makan cemilan.

Di atas karbohidrat, terdapat golongan sayur dan buah sebagai sumber vitamin, mineral dan serat. Keduanya dalam potongan yang berbeda luasnya untuk menekankan pentingnya peran dan porsi setiap golongan. Ukuran potongan sayuran dalam tumpeng gizi seimbang lebih besar dari buah yang terletak disebelahnya, yaitu 3-5 porsi sayur dan 2 – three porsi buah. Situs Insider menyebut jika asupan vitamin D yang cukup mampu merangsang peningkatan jumlah makrofaga di dalam tubuh. Makrofaga sendiri merupakan jenis sel antibodi yang mampu mencegah terjadinya penyebaran penyakit di dalam tubuh. Tak hanya itu, vitamin D pun juga mampu menekan produksi sitokin dalam tubuh.

Cucilah tangan dengan air bersih dan sabun setiap habis batuk dan bersin atau gunakan Hand Sanitizer. Terapkan physical distancing – dan tidak melalukan kontak dekat dengan orang lain, sangat dianjurkan. Sebab, berada di keramaian – dapat meningkatkan risiko penyebaran Covid-19. Selama pandemi COVID-19 ini belum berakhir, penting bagi kita untuk terus mengingatkan anggota keluarga selalu menjaga kesehatan saat berada di manapun ya, Bunda. Oleh karena itu, #ingatpesanbunda untuk ikut putuskan rantai penularan COVID-19 dengan #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun. Sama seperti makanan sehat, pola tidur yang baik dan sehat juga menjadi hal yang sangat memengaruhi.

Olahraga teratur menjadi cara untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan daya tahan tubuh. Pakar Kedokteran Olahraga UGM, dr. Zaenal Muttaqin Sofro menyebutkan, ada banyak olahraga bisa dilakukan di rumah selama pandemi Covid-19. Bila terkena paparan sinar mata hari pada jam 08.00 sampai 09.00, kekebalan tubuh seseorang bisa meningkat. Namun kegiatan ini harus dilakukan rutin sekitar 2-3 kali dalam seminggu.