6 Strategi Memulai Usaha Di Masa Pandemi Anda Harus Tahu

Sebagai contoh, Anda mengalami penurunan pendapatan cukup drastis gara-gara pandemi dan uang tabungan mulai terpakai untuk menutup kebutuhan sehari-hari. Pastikan tetap bijak memutuskan pemakaian dana tabungan untuk modal bisnis. Lebih amannya, mulailah bisnis perlahan saja dengan modal seminim mungkin.

Besarnya peran seorang konsultan search engine optimization dalam mendongkrak penjualan membuat profesi tersebut begitu banyak peminatnya. Apalagi kalau Anda sudah berpengalaman dan memiliki observe record bagus, pasti tidak akan sulit untuk mendapatkan klien papan atas. Selain tidak membutuhkan modal besar, membuat makanan ringan juga terbilang tidak begitu sulit.

Tidak hanya startup retail, peranan startup berbasis UMKM juga sangat membantu sektor UMKM beradaptasi dengan perubahan. Lebih lanjut, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, di masa pandemi, layanan digital dan e-commerce menjadi pilihan kebanyakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan harian. Beberapa sektor startup seperti healthtech, e-groceries, market dan logistik mengalami pertumbuhan permintaan yang signifikan. Ada pula fitur yang membantu mengelola produk serta inventaris bisnis secara mudah. Selain itu fitur ini juga memberikan informasi yang actual time dalam dasbor yang mudah dipahami.

Dengan kondisi pandemi yang masih membatasi banyak aktivitas masyarakat, pilih bisnis yang paling memungkinkan dijalankan di tengah situasi seperti ini. Apabila Anda sebenarnya masih memiliki pekerjaan tetap dan usaha tersebut hanya sebatasside hustle, buatlah pengaturan waktu yang baik supaya pekerjaan utama Anda tidak sampai terganggu. Setelah meriset bisnis potensial apa saja yang berpeluang meraih pasar di tengah pandemi, langkah selanjutnya dalam memulai bisnis di tengah pandemi adalah menentukan mana yang kira-kira bisa Anda jalankan. Memulai bisnis di tengah pandemi bisnis tidak harus langsung memakan modal besar.

Membuka Bisnis di masa pandemi

Itulah beberapa suggestions yang bisa Anda terapkan untuk menjalankan usaha di tengah pandemi. Anda bisa memanfaatkan pinjaman dari BFI Finance untuk modal usaha sampingan Anda. Cukup dengan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk kebutuhan usaha Anda. Yang kedua, manfaatkan kehadiran media sosial dan kanal e-commerce semaksimal mungkin untuk menunjang usaha Anda. Tentunya, sudah menjadi rahasia umum bahwa media on-line merupakan cara promosi paling efektif yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa menjangkau banyak pembeli, dan bisa menghemat modal untuk promosi.

Ia mengatakan, kegiatan pelatihan itu berlangsung selama enam hari, dengan 60 peserta. “Kita selaku dinas terkait berupaya semaksimal mungkin dalam mencarikan solusi bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Kemudian kelompok ini memanfaatkan sampah kertas menjadi produk baru yang bermanfaat. Sehingga muncul keinginan untuk mengikutsertakan buthy ini ke kompetisi nasional PKM Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kemdikbud.

Selain berbagai ide bisnis di masa pandemi tersebut, Youtuber dan Influencer menjadi jenis pekerjaan lain yang ramai di tengah Pandemi Covid-19. Pasalnya, banyak orang memerlukan hiburan di tengah rutinitasnya di rumah. Kadangkala para pemula dalam dunia bisnis, tergesa-gesa ingin membesarkan bisnis dengan menggelontorkan modal banyak. Misalnya, baru saja memulai bisnis makananonlinedan memiliki pelanggan tetap, sudah tergesa menyewa ruko untuk berjualan secara offline. Di tengah kondisi pandemi yang membuat perekonomian lesu darah seperti sekarang, semua langkah ekspansi bisnis perlu dihitung lebih cermat dan tidak bisa ditempuh tergesa-gesa.